Setting VPS Web Hosting (centos)

Kebetulan pengalaman vps yang saya gunakan memakai OS centos namun pada dasarnya sama saja, meskipun ada beberapa cara install yang berbeda pada OS lain.

Dengan tulisan ini di harapkan tidak terjadi keribetan memahami tahap – tahap install vps atau dedicated server untuk di jadikan sebagai webhosting, karena akan saya tulis dengan bahasa yang sederhana.

Software yang Harus di Install

Untuk memenuhi kebutuhan hosting sebuah server harus terinstall beberapa software yang di perlukan berdasarkan pengalaman pribadi software-software yang di perlukan adalah sebagai berikut.

    1. Apache
      Software ini biasanya sudah terinstall saat kita menyewa VPS gunanya agar file html dan folder bisa di buka malalui komputer lain (internet) menggunakan web browser. ini mutlak di butuhkan jika kita ingin menggunakan VPS yang kita sewa sebagai web hosting.
    2. PHP
      berfungsi untuk menjalankan script PHP, ini mutlak di butuhkan jika kita ingin menggunakan CMS wordpress dan yang lainnya, tanpa PHP script php tidak bisa di jalankan.
    3. MySQL
      Berfungsi untuk menyimpan database dari situs kita seperti postingan, komentar dan yanglainnya. WordPress, Joomla dan CMS yang lainnya juga membutuhkan MySQL database.

Dengan ke empat software di atas VPS atau dedicated server kita sudah bisa di pakai untuk keperluan webhosting, selanjutnya untuk mempermudah kita dalam melakukan setting website bisa di gunakan file manager dan site manager agar hosting bisa di install beberapa situs, untuk hal ini saya menggunakan webmin.

Setelah kita mengetahui kebutuhan software untuk VPS sebagai webhosting mari kita coba bahas beberapa cara tentang menginstall software tersebut.

Untuk menginstallnya anda membuthkan putty exe di komputer lokal anda. silahkan download putty.exe melalui website resminya.

Conect Putty.exe dengan VPS

caranya cukup mengetikan IP di kolom yang tersedia kemudian tekan OPEN

setelah login maka akan muncul halaman hitam ketikan user dan pasword anda

pada bagian login as isikan dengan “root” kemudian ikutin dengan pasword loginnya, bagi yang baru menggunakan putty jangan heran ketika mengetikan pasword memang hurufnya tidak muncul di layar.

Install Apache

Setelah putty atau ssh berhasil terhubung dengan VPS kini saatnya install beberapa software yang di butuhkan seperti yang saya tuliskan di atas. yang pertama kita lakukan adalah install Apache, meskipun memang biasanya Apache ini sudah terinstall di VPS.

copas perintah di bawah ini dan pastekan di ssh (cara pastenya cukup tekan mose bagian kanan sekali saja)

yum install httpd

Proses instal akan berjalan

selanjutnya ketik atau copas perintah berikut ini di ssh

chkconfig httpd on

Ini berguna agar apache berjalan secara otomatis saat vps di restart.

Selanjutnya

service httpd start

Untuk start software apache

Install PHP

Perintahnya adalah

yum install php

Selanjutnya

yum install php-mysql php-gd php-imap php-ldap php-odbc php-pear php-xml php-xmlrpc  php-mcrypt

selanjutnya restart apache agar PHP mulai di terapkan

   service httpd restart

Install MySQL

Perintahnya adalah

yum install mysql-server mysql php-mysql
chkconfig --levels 235 mysqld on
service mysqld start

Perintah di atas sudah saya gabungkan di baris pertama adalah perintah untuk menginstall my sql di baris ke dua adalah untuk membuat mysql menjadi autostart dan yang baris ke tiga adalah untuk start mysql

Dengan langkah di atas VPS anda sudah siap di gunakan untuk web hosting untuk membuatnya anda bisa masukan filte html atau php di folder

/var/www/html/

Caranya anda bisa uploud menggunakan software winscp anda bisa mendownload di situs resminya untuk mendapatkan WinSCP klik di sini

Anda sudah bisa memulai pekerjaan membuat website di VPS, namun masih ada beberapa software yang perlu anda install sebagai pelengkap untuk memepermudah pekerjaan anda seperti FTP server untuk transfer file dan file manager untuk mengatur file secara gui..

Advertisements

Trims for Your Comment..

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s